Arsitektur Unik Masjid Raya Sumatera Barat

Arsitektur Unik Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat merupakan masjid terbesar di Sumatera Barat, dan terletak menghadap Jalan Khatib Sulaiman, di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Pembangunan masjid ini dikerjakan secara bertahap karena adanya keterbatasan anggaran dari provinsi.

Meski tidaklah rutin, Masjid Raya Sumatera Barat telah dipusatkan sebagai tuan rumah kegiatan keagamaan dengan skala regional seperti tabligh akbar, berbagai pertemuan jamaah, penyelenggaraan Shalat Ied sampai Shalat Jumat setiap minggunya. Sejak awal tahun 2012, pemerintah provinsi SumBar memusatkan kegiatan wirid rutin jajaran pegawai negeri sipil guna memperkenalkan masjid. Namun, frekuensi pemakaian masjid untuk aktivitas ibadah masih sangat terbatas karena belum rampungnya fasilitas listrik dan ketiadaannya air bersih.

Konstruksi masjid raya Sumatra Barat terdiri dari tiga lantai. Ruang utamanya dipergunakan sebagai ruang shalat terletak pada lantai dua, dan terhubung dengan teras terbuka yang menghadap kejalan. Masjid ini berbentuk persegi yang melancip di keempat penjurunya. Bentuk sudut lancipnya sekaligus mewakili atap bergonjong pada rumah adat Minangkabau rumah gadang.

Bantuan dari masyarakat dan perantau, termasuk donasi via nada sambung yang hanya berjalan untuk tahap pertama pembangunannya. Adapun bantuan dari luar negeri, Pemerintah Arab Saudi sudah berencana mengirimkan bantuan untuk mendukung pembangunan masjid raya Sumatera Barat pada tahun 2009. Namun, bantuan dari Arab Saudi yang bernilai 50 juta dolar Amerika Serikat datang bersamaan dengan bencana gempa bumi Sumatera Barat 2009 sehingga pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mengalihkan bantuan untuk keperluan rehabilitasi dan rekonstruksi Sumatera Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *