Masjid Agung Al-Karomah Banjarmasin

Masjid Agung Al-Karomah Banjarmasin

Masjid Agung Al-Karomah Banjarmasin merupakan masjid besar yang letaknya ada di Kota Martapura, Kalimantan Selatan dan menjadi masjid terbesar di Kalimantan Selatan. Masjid ini merupakan markah tanah dari Kota Martapura dikarenakan kemudahan untuk diakses dari seluruh kota di Kalimantan Selatan.

Masjid Agung Al-Karomah Banjarmasin, dulunya bernama adalah Masjid Jami’ Martapura, didirikan oleh panitia pembangunan masjid saat itu HM. Nasir, HM. Taher (Datu Kaya), dan HM. Afif (Datu Landak). Kepanitiaan ini juga didukung oleh Raden Tumenggung Kesuma Yuda dan Mufti HM Noor.

Tepatnya 10 Rajab 1315 H atau 5 Desember 1897 M dimulailah pembangunan Masjid Agung Al-Karomah Banjarmasin ini. Secara teknis bangunan masjid ini adalah bangunan dengan struktur utama kayu ulin dengan atap sirap, dinding serta lantai papan terbuat dari kayu ulin. Seiring dengan perkembangan jaman dari waktu ke waktu masjid ini mengalami renovasi, tapi struktur utamanya tidaklah berubah.

Saat ini, Masjid Agung Al Karomah Banjarmasin berdiri megah dengan memiliki konstruksi beton dan rangka atap terbuat dari baja stainless, terangkai dalam struktur space frame. Untuk kubahnya sendiri dilapisi dengan bahan enamel.

Darisegiarsitekturnya, bentukMasjid Agung Al-KaromahBanjarmasinmengikuti Masjid DemakBuatanSunanKalijaga. Miniaturnya yangdibawaoleh utusanDesaDalamPagardanukurannyayang sangatrapisertamudahdisesuaikandenganbangunansebenarnyakarenatelahmemakaiskala.

info:

  • masjid agung al karomah martapura
  • Masjid di banjarmasin
  • Masjid raya martapura

Leave a Reply