Masjid al Haram Masjid Suci Umat Islam

Masjid al Haram Masjid Suci Umat Islam

Masjid al Haram merupakan sebuah masjid yang ada di kota Mekkah yang dianggap sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini menjadi tujuan utama dalam ibadah haji. Dibangun mengelilingi Ka’bah yang merupakan arah kiblat bagi umat Islam sedunia dalam mengerjakan ibadah Shalat. Masjid ini pun adalah Masjid terbesar di dunia.

Pengertian Masjid al Haram tidak hanya sebagai masjid di kota Mekkah saja, namun para ulama ada yang berbeda pendapat akan hal ini karena ada yang mengatakan bahwa arti dari masjidil haram adalah semua tempat di kota Mekkah.

Imam Besar Masjid al Haram adalah Syaikh Abdurrahman As-Sudais yang merupakan seorang imam yang telah dikenal dalam membaca Al Qur’an dengan artikulasi yang jelas serta suara yang begitu merdu begitu juga Syaikh Shuraim.

Muadzin besar serta paling senior di Masjid Al-Haram bernama Ali Mulla yang memiliki suara adzan yang sangat terkenal di dunia islam begitu juga pada media internasional.

Menurut keyakinan dari umat Islam, Ka’bah pertama kali dibangun oleh Nabi Adam. Dan kemudian dilanjutkan oleh Nabi Ibrahim bersama dengan putranya, Nabi Ismail yang meninggikan dasar – dasar Ka’bah sekaligus membangun masjid di sekeliling Ka’bah. Ka’bah kurang lebih terletak di tengah masjid al Haram dengan tinggi mencapai lima belas hasta san berbentuk kubus batu besar.

Perluasan Masjid al Haram dimulai tahun 638 masa khalifah Umar bin Khattab, dengan membeli rumah-rumah di sekeliling Ka’bah serta diruntuhkannya demi tercapainya perluasan, kemudian diteruskan lagi di masa khalifah Usman bin Affan sekitar 647 M.

info:

  • Masjid Al haram

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *