Masjid Cheng Ho Palembang Perpaduan 3 Negara

Masjid Cheng Ho Palembang Perpaduan 3 Negara

Masjid Cheng Ho Palembang seyogyanya bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang merupakan Masjid yang bernuansa Muslim Tionghoa dan berlokasi di Jakabaring Palembang. Masjid ini didirikan atas gagasan para sesepuh, penasehat dari pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan, dan tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang. Masjid yang didirikan oleh warga keturunan ini juga memiliki imam baru yang hafal 30 juz Al-Quran yaitu Choirul Rizal.

Masjid Cheng Ho Palembang dibangun dengan perpaduanu nsurCina, melayu, dan nusantara. Di Masjid ini terdapat tempat Pendidikan Al-Quran bagi anak-anak secara gratis. Pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama pada tahun 2003. Modal awal pembangunan masjid ini adalah sekitar Rp 150 juta dari hasil kumpulan dana kawan-kawan di PITI. Tanah yang digunakan untuk masjid ini berdiri adalah hibah dari pemerintah daerah dan baru diresmikan pada 2006.

Masjid Sriwijaya Muhammad Cheng Hoo atau Masjid Cheng Ho Palembang ini adalah sebuah masjid yang berlokasi di Jakabaring dan mempunyai desain arsitektur China serta mampu menampung jamaah sekitar 600 orang dan berdiri dengan lantai 2.

Masjid Cheng Ho Palembang ini mempunyai desain arsitektur yang unik, yang memadukan antara unsur-unsur budaya lokal Palembang dengan nuansa Cina serta Arab. Masjid yang dibangun di atas tanah 5.000 meter persegi ini terdapat di sebuah kompleks perumahan kelas menengah. Menara pada kedua sisinya meniru klenteng-klenteng di Cina, serta kekhasan budaya tiongkok kental dengan penggunaan cat warna merah dan hijau giok.

Leave a Reply