Masjid Kubah Emas Depok, Masjid Dian Al Mahri

Masjid Kubah Emas Depok, Masjid Dian Al Mahri

Masjid Dian Al Mahri dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas Depok. Merupakan sebuah masjid yang dibangun dijalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Depok. Masjid yang selain sebagai tempat ibadah shalat bagi umat muslim ini sehari-hari juga merupakan kompleks kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang terbuat dari emas. Selain itu juga karena luasnya area dan bebas diakses untuk umum, sehingga menjadikan tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga.

Masjid Kubah Emas Depok ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha asal Banten yang telah membeli tanah ini sejak 1996. Masjid ini mulai dibangun tahun 2001 dan selesai sekitar akhir 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada 31 Desember 2006 yang bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. Masjid ini dapat menampung sekitar 20.000 jamaah. Kawasan masjid ini sering digadang-gadang sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.

Secara umum, arsitektur Masjid Kubah Emas Depok ini mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan berciri kubah, menara, halaman dalam dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris serta obelisk. Pada bagian interior, masjid ini menghadirkan pilar-pilar yang kokoh dan menjulang tinggi untuk menciptakan skala ruang yang agung. Ruang masjid ini didominasi warna monokrom dengan unsur warna  krem, untuk memberi karakter ruang yang tenang serta hangat. Material masjid terbuat dari bahan marmer diimpor dari Turki dan Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *