Masjid Raya Makassar yang Modern

Masjid Raya Makassar yang Modern

Masjid Raya Makassar adalah sebuah masjid yang letaknya di Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini sendiri dibangun tahun 1948 dan selesai tahun 1949. Masjid ini direnovasi dari tahun 1999 sampai tahun 2005. Pertama dirancang oleh arsitek Muhammad Soebardjo yang memenangi sayembara yang digelar oleh panitia pembangunan masjid raya ini. Masjid ini dapat menampung sampai 10.000 jamaah.

Masjid Raya Makassar ini memiliki dua lantai tepat di Jl. Bulusaraung dan menggunakan bahan bangunan sekitar 80 persen bahan baku lokal, serta memiliki dua menara dengan tinggi 66,66 meter, daya tampungnya 10.000 jamaah dan memiliki fasilitas berupa perpustakaan, dan tentunya kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan.

Masjid Raya Makassar ini dibangun di atas lahan lapangan sepak bola Exelsior Makassar yang luasnya 13.912 meter persegi yang dihibahkan guna pembangunan masjid ini. Bangunan awalnya dirancang oleh M Soebardjo dan di bangun pada 25 Mei 1949. Dana awal pembangunan masjid ini hanyalah Rp. 60.000 yang diprakarsai K H Ahmad Bone, yang merupakan seorang ulama asal Kabupaten Bone pada 1947 dan menunjuk ketuapanitia yaitu KH Muchtar Lutfi, dua tahun kemudian masjid ini diresmikan dengan menghabiskan biaya Rp1,2 juta rupiah ditahun 1949.

Masjid Raya Makassar ini adalah kebanggaan muslim Makassar dan menjadi tempat dilaksanakannya pertama kali perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada tahun 1955 silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *