Masjid Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah atau kerap juga disebut Masjid Kuin adalah sebuah masjid bersejarah yang terletak di Kota Banjarmasin dan merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid ini sendiri dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550). Beliau merupakan Raja Banjar pertama yang memeluk Islam. Masjid Kuin ini merupakan salah satu dari tiga masjid tertua yang terdapat di kota Banjarmasin pada era Mufti Jamaluddin (Mufti Banjarmasin. Masjid ini terletak di Kelurahan Kuin Utara, yang menjadi kawasan yang dikenal sebagai Banjar Lama serta merupakan situs ibu kota Kesultanan Banjar pertama kali. Masjid ini letaknya ada di dekat komplek makam Sultan Suriansyah dan berada di tepian kiri sungai Kuin.

Masjid Sultan Suriansyah ini didirikan di tepi sungai Kuin dan memiliki bentuk arsitektur khas atau tradisional Banjar, dengan konstruksi panggungnya dan juga memiliki atap tumpang. Pada bagian mihrab pada masjid ini memiliki atap tersendiri yang terpisah dengan bangunan induknya.

Pola ruang Masjid Sultan Suriansyahadalah pola ruang dari arsitektur Masjid Agung Demak yang dibawa bersamaan sat itu beserta dengan masuknya agama Islam ke daerah ini yaitu oleh Khatib Dayan. Arsitektur mesjid Agung Demak sendiri terpengaruh oleh arsitektur Jawa Kuno pada era kerajaan Hindu. Identifikasi pengaruh arsitektur tersebut muncul pada tiga aspek pokok arsitektur Jawa Hindu yang dipenuhi oleh masjid tersebut. ketiga aspek tersebut adalah atap meru, ruang keramat (cella) dan juga tiang guru yang melingkupi ruang cella atau keramat.

Leave a Reply