Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo

Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo

Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo merupakan salah satu masjid tertua dan juga terbesar di Provinsi Gorontalo. Masjid ini sendiri didirikan padatahun 1728 oleh Raja Gorontalo pada masa itu yakni Raja Botutihe. Masjid Agung Baiturrahim ini letaknya ada di pusat Kota Gorontalo.

Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo adalah salah satu masjid tua yang dibangun di Gorontalo. Masjid ini didirikan bersamaan dengan pembangunan Kota Gorontalo yang dipindahkan dari Dungingike Kota Gorontalo, tepatnya Kamis, 18 Maret 1728 M oleh Raja Botutihe, yang merupakan Kepala Pemerintahan Batato Lo Hulondalo ataupun Kerajaan Gorontalo pada waktu itu.

Padatahun 1964 Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo ini diperluas dengan penambahan serambi pada sebelah utara dan barat oleh panitia yang diketuai T. Niode dan wakil ketuanya Haji Yusuf Polapa sebagai pelaksana harian. Pada tahun 1969 dibentuk lagi satu panitia baru yang diketuai oleh K.O. Naki, B.A. dan juga A. Naue sebagai pelaksana harian serta Kadi Abas Rauf yang diamanati sebagai pimpinan Ibadah. Perbaikan – perbaikanpun terus dilanjutkan di bawah pimpinan Sun Bone hingga pada bulan September 1979. Pada 1982 dilakukan pula penambahan lokasi untuk jamaah wanita dibagian selatan masjid oleh Bapak Drs. Haji Hasan Abas Nusi yang merupakan Walikota madya Gorontalo. Tahun 1988 juga dilakukan penataan pagar dan halaman oleh Bapak Drs. Ahmad Najamuddin, yang pada saat itu adalah Wali kotamadya KDH Tingkat II Gorontalo.

info:

  • gambar masjid baiturrahim gorontalo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *