Masjid Al Akbar Surabaya, Terbesar Kedua di Indonesia

Masjid Al Akbar Surabaya, Terbesar Kedua di Indonesia

Masjid Al Akbar Surabaya atau biasa disebut juga Masjid Agung Surabaya adalah masjid terbesar kedua di Indonesia. Lokasinya ada di Kota Surabaya, Jawa Timur dan  menjadi masjid terbesar setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Posisi masjid ini tepat berada di samping JalanTol Surabaya-Porong. Ciri khas yang mudah dilihat adalah kubahnya yang besar dan didampingi 4 kubah kecil berwarna biru. Masjid ini memiliki satum enara yang tingginya mencapai 99 meter.

Masjid Al Akbar Surabaya mulai dibangun tanggal 4 Agustus 1995, berdasar atas gagasan Wali Kota Surabaya saat itu yaitu H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini waktu itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Tapi karena krisismoneter yang terjadi, pembangunannya dihentikan sementara waktu. Dan pada tahun 1999, masjid ini dibangun kembali dan selesai tahun 2001. Pada tanggal 10 November 2000, Masjid ini diresmikan sendiri oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid.

Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang Masjid Al Akbar Surabaya adalah 22.300 meter persegi, rinciannya panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap Masjid initer diri dari 1 kubah besar didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan dan juga sebuah menara. Keunikan bentuk kubah masjid ini terletak pada bentuk kubahnya yang hampir menyerupai setengah telur 1,5 layer dan bertinggi sekitar 27 meter. Untuk menutup kubah, digunakanlah sebuah produk yang juga digunakan di beberapa masjid raya seperti layaknya Masjid Raya Selangor di Syah Alam (Malaysia). Ciri khas lainnya dari masjid raksasa ini adalah pintu masuk menuju ke dalam ruangan masjid tinggi dan besar serta mihrabnya yang merupakan mihrab masjid terbesar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *