Masjid Raya Darussalam Samarinda Bernuansa Turki

Masjid Raya Darussalam Samarinda Bernuansa Turki

Masjid Raya Darussalam Samarinda ini menghadirkan nuansa Turki Usmani dan berada di pusat kota Samarinda yang merupakan ibu kota propinsi Kalimantan Timur. Masjid bergaya Turki Usmani ini dapat dengan mudah dikenali dari bentuk desain menaranya yang dibuat ramping dan setinggi mungkin. Menara dengan desain ini memang berkesan jauh berbeda apabila dibandingkan dengan masjid yang bergaya Arab seperti Masjid Islamic Center Samarinda yang terpaut tak terlalu jauh jaraknya dari masjid ini.

Masjid Raya Darussalam Samarinda ini berada di kelurahan Pasar Pagi, Samarinda Ilir, kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kelurahan Pasar Pagi adalah salah satu pusat keramaian kota Samarinda.  Pasar pagi letaknya hanya terpisah satu blok dengan bangunan Masjid Raya Darussalam Samarinda ini.

Bangunan awal Masjid Raya Darussalam Samarinda ini sendiri dibangun oleh para saudagar Bugis dan Banjar yang dulu tinggal di Samarinda sekitar tahun 1925. Lokasinya berada di tepian sungai Mahakam dan di atas lahan yang hanya berukuran 25 meter x 25 meter. Sejak dibangun pertama kali, masjid ini telah mengalami beberapa kali perbaikan antara tahun 1953 dan 1967 meski tanpa merubah ciri khas awalnya. Sejak pertama dibangun masjid ini dikenal sebagai masjid Jami’. Seiring kemajuan Kota Samarinda yang semakin pesat dibutuhkan pula bangunan masjid yang berukuran lebih besar dengan lahan yang juga lebih luas, maka lokasi masjid ini bergeser ke Jalan Yos Sudarso dengan lahannya yang seluas sekitar 15 ribu meter persegi.

 

info:

  • masjid masjid besar di samarinda

Leave a Reply